model pembelajaran make a match

Teknik belajar mengajar mencari pasangan (make a match ) dikembangkan oleh Lorna Curran. Salah satu keunggulan teknik ini menurut Lie Anita (2008:55) adalah  “siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai suatu konsep atau topik dalam suasana yang menyenangkan”. Dengan pembelajaran yang menyenangkan siswa akan lebih mudah tertarik dengan materi yang diajarkan serta akan lebih mudah tertarik dengan materi yang diajarkan serta akan lebih mudah untuk memahami pelajaran yang diberikan oleh guru.

            Pembelajaran  kooperatif tipe make a match adalah pembelajaran yang lebih menekankan pada kegiatan belajar kelompok, dimana siswa mencari pasangan sambil belajar mengenai satu konsep atau topik dengan mencari kartu jawaban maupun kartu soal dalam suasana yang menyenangkan. Disini siswa akan terlihat aktif, dapat bekerja sama, dan meningkatkan interaksi baik antara siswa dengan siswa yang lainnya dan memiliki rasa tanggung jawab. Penggunaan model pembelajaran kooperatif make a match dimaksudkan agar siswa mengalami situasi pembelajaran yang berbeda, yang lebih menekankan pada belajar kelompok yang baik dalam diskusi serta pelaksanaan praktek untuk menyelesaikan tugas.

            Jika penyampaian materi melalui teknik make a match ini dapat diterapkan dengan baik kemungkinan siswa pun dapat memahami materi dengan baik, maka siswa juga dapat menjawab soal dengan baik. Untuk mewujudkan hasil yang optimal dari kemampuan siswa untuk memahami materi energi dan perubahannya tidak mudah, disini siswa dituntut benar-benar memahami materi dengan mencari pasangan-pasangan satu konsep atau topik dengan membuat siswa lebih aktif lagi dan lebih bersemangat dalam mengikuti pembelajaran, karena siswa ditempatkan dalam suasana yang menyenangkan serta masing-masing pasangan saling bekerja sama dalam memecahkan permasalahan di dalam pembelajaran. Sehingga materi yang sulit dapat dipecahkan secara bersama di dalam pasangannya masing-masing dan siswa dapat mengemukkan pendapatnya sesuai dengan ide-ide yang dimiliki siswa tersebut.Image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s